Sejarah Dari Olahraga Selancar Angin

Penemu Selancar Angin

Papan layar memiliki awal yang sederhana pada tahun 1948 ketika Newman Darby pertama kali membayangkan menggunakan layar genggam dan rig yang dipasang pada sambungan universal untuk mengendalikan katamaran kecil. Meskipun Darby tidak mengajukan paten untuk desainnya, ia secara umum diakui sebagai penemu papan layar pertama. Darby akhirnya mengajukan dan menerima paten desain untuk perahu layar satu orang pada 1980-an. Desainnya disebut lambung hinggap 8 Darby 8 SS.

Tetapi pada saat itu penemu lain telah mematenkan desain untuk papan layar. Paten pertama untuk papan layar diberikan kepada pelaut dan insinyur Jim Drake dan peselancar dan pemain ski Hoyle Schweitzer pada tahun 1970 (diajukan 1968 – diterbitkan kembali 1983). Mereka menyebut desain mereka Windsurfer, yang berukuran 12 kaki (3,5 m) panjang dan beratnya £ 60 (27 kg). Drake dan Schweitzer mendasarkan Windsurfer pada ide-ide asli Darby dan sepenuhnya memuji dia dengan penemuannya. Menurut situs web Windsurfing resmi:

Inti dari penemuan ini (dan paten) adalah memasang layar pada sambungan universal, yang membutuhkan pelaut untuk mendukung rig, dan memungkinkan rig dimiringkan ke segala arah. Kemiringan depan dan belakang rig ini memungkinkan papan untuk dikemudikan tanpa menggunakan kemudi – satu-satunya kapal layar yang mampu melakukannya.

Dalam sebuah abstrak paten, Drake dan Schweitzer menggambarkan penemuan mereka sebagai “… alat yang digerakkan oleh angin di mana sebuah tiang dipasang secara universal pada sebuah kapal dan mendukung boom dan berlayar. Secara khusus, sepasang boom melengkung secara akurat dihubungkan dengan tiang dan mengamankan layar di sana antara posisi tiang dan layar yang dapat dikontrol oleh pengguna tetapi secara substansial bebas dari pengekangan penting dengan tidak adanya kontrol tersebut. “

Schweitzer mulai memproduksi papan layar polyethylene secara massal (desain Windsurfer) pada awal 1970-an. Olahraga ini menjadi sangat populer di Eropa. Kejuaraan selancar angin dunia pertama diadakan pada tahun 1973 dan, pada akhir 70-an, demam selancar angin membuat Eropa benar-benar dalam genggamannya dengan satu dari setiap tiga rumah tangga memiliki papan layar. Selancar angin akan menjadi olahraga Olimpiade pada 1984 untuk pria dan 1992 untuk wanita.

Wanita Pertama di Dewan

Istri Newman judi bola umumnya dianggap sebagai windsurfer wanita pertama dan membantu suaminya membangun dan mendesain papan layar pertama. Bersama-sama, Newman dan Naomi Darby menggambarkan penemuan mereka dalam artikel mereka The Birth of Windsurfing

Newman Darby menemukan dia bisa mengarahkan perahu layar 3 meter konvensional dengan mengungkit kedepan dan belakang cukup untuk berbelok bahkan tanpa kemudi. Ini adalah saat (akhir 1940-an) Newman tertarik mengemudikan perahu tanpa kemudi. Beberapa perahu layar dan 2 1/2 dekade kemudian (1964) ia merancang sambungan universal pertama yang cocok dengan layar datar. Papan layar ini dilengkapi dengan tiang universal yang universal, centerboard, sirip ekor, dan layar bebas layang-layang sehingga lahirlah selancar angin.

Selancar angin, juga disebut olahraga berlayar, yang menggabungkan aspek berlayar dan berselancar di atas kapal satu orang yang disebut papan layar

Prototipe paling awal dari papan layar kembali ke akhir 1950-an. Warga California, Jim Drake (seorang pelaut) dan Hoyle Schweitzer (seorang peselancar) menerima paten pertama untuk sebuah papan layar pada tahun 1968. Mereka menyebut desain mereka sebagai Windsurfer, dan Schweitzer mulai membuat papan layar yang diproduksi secara massal pada awal 1970-an. Olahraga ini dengan cepat menyebar ke seluruh Amerika Utara, dan pada akhir 1970-an olahraga ini menjadi sangat populer di Eropa. Popularitasnya segera melahirkan industri manufaktur papan layar yang berkembang di Eropa, yang telah mendominasi pasar selancar angin. Kejuaraan selancar angin dunia pertama diadakan pada tahun 1973. Saat ini ada beberapa sirkuit selancar angin kompetitif yang mengadakan regattas, balapan slalom, dan kompetisi pelayaran cepat (acara gaya yang dinilai secara subyektif).

Selancar angin Olimpiade menampilkan para pelaut berlomba di atas jalur segitiga tradisional dan pertama kali diperebutkan pada tahun 1984, sebagai olahraga demonstrasi, dengan kompetisi terpisah untuk pria dan wanita diperkenalkan pada tahun 1992. Ada sedikit perubahan peralatan dalam Olimpiade berturut-turut: papan layar dari desain Windglider digunakan di Olimpiade 1984, papan Divisi II pada tahun 1988, papan Lechner pada tahun 1992, dan papan Mistral dari tahun 1996. Papan layar terdiri dari sebuah papan dan sebuah rig. Papan selancar angin awal berukuran 3,5 meter (12 kaki) dan berat 27 kg (60 pon). Panjang papan saat ini berkisar 2,5 hingga 4 meter (8 hingga 12,5 kaki) dan beratnya antara 7 dan 18 kg (15–40 pon). Papan panjang (lebih dari 3 meter) memiliki lunas kecil, juga disebut papan tulis atau papan dag, dan skeg (sirip bawah belakang) tetapi tidak ada kemudi. Papan pendek (kurang dari 3 meter) memiliki skeg tetapi tidak ada papan pusat. Rig terdiri dari layar, boom ganda, tiang, dan dasar tiang. Ukuran layar bisa bervariasi (38 hingga 108 kaki persegi) dan fungsinya (ras, slalom, dan gelombang). Tiang terhubung ke papan melalui pangkalan tiang, yang memiliki sambungan universal yang memungkinkan tiang dipindahkan ke segala arah. Kapal dikemudikan dengan mengubah posisi layar relatif terhadap angin dan ke papan tengah. Ini dilakukan dengan menyesuaikan pegangan pada boom ganda untuk menggerakkan layar ke depan atau ke belakang, ke arah angin atau ke bawah angin, Windsurfing cocok untuk berbagai jenis dan kondisi air. Olahraga ini dilakukan dengan antusiasme yang sama di Great Lakes dan di muara dan pelabuhan di sepanjang pantai Eropa dan Amerika Utara, serta di banyak sungai besar. Pada hari-hari awal selancar angin, papan layar hanya mampu kecepatan rendah dan digunakan di dekat pantai. Namun, olahraga telah berevolusi hingga titik bahwa pelaut berpengalaman menggunakan papan luncur khusus telah mencapai kecepatan lebih dari 40 knot dan telah berlayar melintasi Samudra Atlantik.

Panduan untuk olahraga, Selancar Angin, Langkah demi Langkah Menuju Sukses, diterbitkan oleh Rob Reichenfeld pada tahun 1993

Updated: July 21, 2020 — 1:48 pm